PENDAHULUAN
SikIus pendapatan (revenue cycle) adalah serangkaian
aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yag terus-menerus
dengan menyediakan barang dan jasa kepada pelanggan dan menerima kas sebagai
pembayaran atas penjualan tersebut. Pertukaran informasi eksternal yang paling
utama dari siklus ini adalah dengan pelanggan. Informasi mengenai aktivitas siklus
pendapatan juga mengalir ke siklus akuntansi lainnya.
Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk
yang tepat di tempat yang tepat pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai.
Untuk mencapai tujuan tersebut, manajemen harus membuat keputusan-keputusan
penting sebagai berikut.
- Sejauh mana produk harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan?
- Seberapah banyak persediaan yang harus dimiliki dan dimana persedian tersebut harus ditempatkan?
- Bagaimana seharusnya barang dagangan dikirim ke pelanggan? Haruskan perusahaan menjalankan fungsi outsourcing ke pihak ketiga dalam bidang logistic?
- Berapakah harga optimal untuk setiap produk atau jasa?
- Haruskan kredit diperpanjang untuk pelanggan? Jika demikian, persyaratan kredit apa yang ditawarkan? Seberapa banyak kredit yang dapat diperpanjang untuk setiap pelanggan.
- Bagaimana pembayaran pelanggan dapat diproses untuk memaksimalkan arus kas?
SISTEM INFORMASI SIKLUS PENDAPATAN
DOKUMEN YANG DIPERLUKAN DALAM SIKLUS PENDAPATAN
- Back order adalah sebuah dokumen yang mengotorisasi pembelian atau produksi dari barang-barang yang dibuat ketika tidak ada persediaan yang mencukupi untuk memenuhi pesanan pelanggan.
- Picking order adalah sebuah dokumen yang mencantumkan barang dan kuantitas dari tiap-tiap barang yang dipesan dan mengotorisasi fungsi pengendalian persediaan untuk mengeluarkan barang tersebut ke departemen pengiriman
- CRM (Customer Relationship Management) adalah perangkat lunak yang mengatur informasi mengenai pelanggan dengan cara menfasilitasi layanan yang efisien dan personal.
- Packing slip adalah sebuah dokumen yang mencantumkan kuantitas dan deskripsi dari setiap barang yang disertakan dalam sebuah pengiriman
- Bill of Landing adalah sebuah kontrak hokum yang menjelaskan tanggung jawab atas barang ketika barang tersebut sedang dalam transit.
- Faktur adalah sebuah dokumen yang memberitahukan kepada pelanggan mengenai jumlah dari penjualan dan kemana mengirimkan pembayarannya
- Memo Kredit adalah sebuah dokumen, disetujui oleh manajer kredit yang mengotorisasi departemen penagihan untuk mengkredit rekening seorang pelanggan.
- Remittance List ( Daftar pengiriman uang) adalah sebuah dokumen yang mencantumkan nama dan jumlah dari seluruh pembayaran pelanggan yang diterima dalam surat.
- Lockbox adalah sebuah alamat pos yang pelanggan tuju ketika pelanggan tersebut mengirimkan uangnya.
- Electronic Lockbox adalah pengaturan lockbox dimana bank secara elektronik mengirimkan informasi tentang nomor rekening pelanggan dan jumlah yang disetorkan segera setelah menerima pembayaran
- Electronic Funds Transfer (EFT) adalah transfer dana melalui penggunaan perangkat lunak perbankan secara online.
- Financial Electronic Data Interchange (FEDI) adalah kombinasi dari EFT dan EDI yang memungkinkan data pengiriman uang dan instruksi transfer dana untuk disertakan dalam satu paket elektronik.
- Universal Payment Identification Code (UPIC) adalah sebuah nomor yang memungkinkan pelanggan untuk mengirimkan pembayaran melalui sebuah kredit ACH tanpa memerlukan pihak penjual untuk membocorkan informasi detail mengenai rekening banknya.
- Open-Invoice Method (Metode Faktur Terbuka)
Metode Faktur Terbuka adalah Metode untuk memelihara piutang yang mana pelanggan
membayar berdasarkan setiap faktur. Biasanya, dua salinan faktur dikirimkan ke
pelanggan, yang diminta untuk mengembalikan suatu salinan dengan pembayaran.
Salinan ini adalah dokumen yang dapat
dikembalikan kembali (turnaround document) yang disebut
sebagai
- Remittance advice (Nota Pengiriman Uang)
Remittance advice (Nota Pengiriman
Uang) adalah sebuah salinan faktur penjualan yang dikembalikan dengan
pembayaran pelanggan yang mengindikasikan faktur, laporan atau hal-hal lain
yang dibayarkan.
- Balance Forward Method (Metode Saldo Maju)
Metode Saldo Maju adalah metode pemeliharan piutang yang mana pelanggan biasanya
membayar berdasarkan jumlah yang ditunjukan dalam sebuah laporan bulanan, nukan
berdasarkan tiap-tiap fakturnya. Pengiriman uang diterapkan terhadap total
saldo rekening, bukan faktur tertentu.
- Monthly statement (Laporan Bulanan)
Laporan Bulanan adalah sebuah dokumen yang mencantumkan seluruh transaksi yang terjadi selama
sebulan yang laku dan informasi atas saldo rekeninnng terakhir pelanggan.
- Cycle Billing (Siklus Siklus) , Laporan bulanan disiapkan bagi subset pelanggan pada waktu yang berbeda
Tujuan utama dari fungsi
penerimaan kas adalah mengamanakan pengiriman uang pelanngan. Prosedur
pengendalian khusus harus dipergunakan karena kas sangat mudah dicuri.
Pemisahan tugas adalah prosedur pengendalian paling efektif untuk mengurangi
risiko atas pencurian tersebut. Fungsi-fungsi yang harus dipisahkan untuk
penerimaan kas dari penjualan meliputi:
terimakasih, sangat membantu dalam dalam penyelesaian tugas kuliah saya.
BalasHapus